Featured Post
Baru di Spaceback UI
Tidak ada notifikasi baru.
Tampilan
Sesuaikan tampilan Saifuru - Belajar Berbagai Ilmu Disini untuk mengurangi silau dan mengistirahatkan mata Anda.

7 Website untuk Mencari Jurnal Ilmiah Gratis Hingga Berbayar

Terdapat beberapa website untuk mencari jurnal yang cukup lengkap yang bisa membantu kita dalam menyusun tugas.
website untuk mencari jurnal

Mencari jurnal adalah suatu tantangan tersendiri bagi para mahasiswa. Terutama mahasiswa yang sering membuat tugas, dan artikel ilmiah adalah hal wajib sebagai referensinya. Terdapat beberapa website untuk mencari jurnal yang cukup lengkap yang bisa membantu kita dalam menyusun tugas.

Apa saja website-website tersebut? simak penjelasannya di bawah ini.

7 Website Jurnal Gratis-Berbayar

Berikut daftar website yang bisa kita gunakan untuk mencari jurnal, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ adalah sebuah situs indexing jurnal yang cukup terkenal dipara kalangan penulis ilmiah dan publisher jurnal. Disini kita bisa mencari ribuan jurnal internasional ataupun yang berbahasa Indonesia.

Cara pencariannya juga cukup memudahkan kita, bisa mencari berdasarkan penulis, abstrak, subjek artikel, judul artikel, hingga judul jurnal itu sendiri.

Hingga saat artikel ini ditulis, DOAJ telah mengindex kurang lebih 10 juta artikel ilmiah. 

2. Neliti

Selain DOAJ, website untuk mencari jurnal lainnya adalah Neliti. 

Neliti merupakan sebuah CMS (Content Management System) bagi para penerbit jurnal, yang hingga kini telah ada 350 ribu lebih penerbit yang menggunakan Neliti sebagai CMS jurnal mereka.

Selain berfungsi sebagai CMS, Neliti juga mempunyai fitur search engine jurnal dan artikel ilmiah. Kita bisa mencari berbagai jurnal dan artikel ilmiah dari mancanegara, mulai dari Indonesia, hingga Pakistan.

3. Science Direct

Science Direct merupakan platform penampung jurnal berbagai kategori seperti ilmu dan teknik fisika, life science, medis dan kesehatan, hingga sosial dan humaniora.

Selain jurnal ilmiah, di Science Direct kita juga bisa menemukan buku-buku hasil penelitian.

4. ResearchGate

ResearchGate menyediakan jurnal internasional yang lengkap dari berbagai topik. Disini kita bukan hanya bisa mencari jurnal dan artikel imiah, tetapi juga bisa mengirimkan pertanyaan dan akan dijawab oleh anggota komunitas ResearchGate.

Platform ini gratis, jadi coba untuk mencari artikel ilmiahmu disini.

5. Micron Medical Multimedia Jurnal

Micron Medical Multimedia atau yang sering disebut dengan M3 merupakan platform pembelajaran untuk para mahasiswa kedokteran dan kesehatan. 

Selain menyediakan materi berupa video dan bacaan interaktif. M3 juga menyediakan ribuan jurnal kesehatan dan kedokteran. Namun, agar bisa menikmati fasilitas ini kita harus mendaftar sebagai member M3 terlebih dahulu.

M3 ini cocok bagi mahasiswa baru yang ingin memperdalam pemahaman dibidang kesehatannya. 

6. Consesus

Alat pencari jurnal berbasis Artificial Intellegence ini bisa mempermudah kita dalam mencari artikel ilmiah secara akurat. 

Kita bisa menemukan hingga 200 juta artikel ilmiah di Consesus App, tentu jumlah ini sangat cukup untuk mencari referensi. Apalagi dibantu oleh ai kita bisa mendapatkan berbagai rekomendasi dan ringkasan isi jurnal.

7. ProQuest

Terakhir rekomendasi dari kami website untuk mencari jurnal adalah Proquest. Disini kita bisa mencari dan langsung membaca artikel ilmiah dengan UI UX yang mudah dioperasikan. 


Demikian beberapa rekomendasi situs untuk mencari jurnal dan artikel ilmiah. Selain 7 di atas masih banyak situs-situ lain seperti SINTA, GARUDA (sering down), Scopus dan lain sebagainya. Namun, 7 di atas menurut kami yang paling sering digunakan dan mudah untuk mencari jurnalnya. 

Selain melalui situs repository seperti di atas, kita juga bisa langsung mencari jurnal di website-website asli jurnal tersebut. 

Semoga artikel ataupun jurnal yang kalian cari mudah ditemukan. Tetap Semangat!

Saiful Afrirudin
Diposting oleh Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua.
#Jurnal Repository #Website Jurnal #Website untuk Mencari Jurnal
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas Terbaru dulu