Featured Post
Baru di Spaceback UI
Tidak ada notifikasi baru.
Tampilan
Sesuaikan tampilan Saifuru - Belajar Berbagai Ilmu Disini untuk mengurangi silau dan mengistirahatkan mata Anda.

Rekomendasi Penerbit Buku dari yang Gratis Hingga Berbayar

Nah, disini kita akan bahas beberapa perusahaan penerbit buku yang menurut saya patut untuk dilirik jika kamu tertarik menjadi penulis dan ingin mener
penerbit buku

Saifuru - Penerbit buku merupakan perusahaan atau organisasi yang menerbitkan buku. 

Buku dikatakan terbit apabila buku tersebut siap dipasarkan, dan biasanya ditandai dengan adanya International Standar Book Number (ISBN). 

Pada artikel sebelumnya "cara menerbitkan buku" saya telah menjelaskan beberapa jenis penerbit buku yang ada di Indonesia, mulai dari major, indie, hingga self publishing.

Nah, disini kita akan bahas beberapa perusahaan penerbit buku yang menurut saya patut untuk dilirik jika kamu tertarik menjadi penulis dan ingin menerbitkan buku.

Rekomendasi Perusahaan Penerbit Buku

Di Indonesia penerbit buku mungkin sudah ratusan, dari yang sudah besar seperti gramedia, erlangga, kompas dan lain sebagainya. Namun diluar nama-nama itu ada loh beberapa penerbit buku yang menurut saya patut dilirik, apa saja itu? simak di bawah ini:

1. Penerbit Yapindo

Terbilang baru dalam dunia penerbitan, tapi Yapindo telah menerbitkan buku pendidikan yang cukup laris dipasaran. 

Paket penerbitan yang mereka tawarkan juga cukup menarik, yaitu ada paket penerbitan gratis yang bernama editor choice. Dimana Yapindo sendirilah yang menyusun konsep, judul, cover, tata letak buku tersebut, lalu mereka mencari penulis untuk menjadi penulis di buku tersebut. 

Penulis tidak perlu mengeluarkan biaya, dan akan mendapatkan royalti sebagai bayaran menjadi penulis di Yapindo.

Selain editor choice, terdapat juga beberapa paket berbayar, seperti kolaborasi, penerbitan dan cetak, hingga paket pemasaran.

2. Penerbit Bukuloka

Bukuloka merupakan penerbit buku yang berfokus menerbitkan buku-buku digital. 

Bukuloka bisa menjadi solusi bagi kita mahasiswa ataupun dosen yang memerlukan terbit buku secara cepat. 

Seperti yang kita tahu, baik mahasiswa apalagi dosen, terkadang diwajibkan menerbitkan buku sebagai syarat kenaikan jabatan, nilai, dan lain sebagainya. 

Biasanya proses penerbitan buku terbilang cukup lama, mulai dari 15 hari hingga 60 hari. Namun, dengan terbit buku digital, kita bisa mendapatkan ISBN hanya dalam waktu seminggu saja, jika naskah sudah siap untuk terbit.

Jadi, Bukuloka cocok untuk penulis yang memerlukan terbit cepat.

Selain benefit cepat terbit, Bukuloka juga menawarkan royalti seperti penerbit lain. 

Buku kita akan dipasarkan melalui platform mereka yang bernama Bukuloka Digital, sebuah platform rental buku yang inovatif. 

3. Deepublish

Deepublish merupakan perusahaan penerbit buku yang berbasis di Yogyakarta, namun kini telah membuka kantor cabangnya di Jakarta. 

Penerbit ini dikenal dengan penerbit buku-buku pendidikan, dan telah menerbitkan ribuan naskah.

Mereka juga memberikan layanan yang menarik, mulai dari penerbitan, parafrase konversi buku, sampai pengadaan buku.

4. Reneturos

Reneturos memiliki target 100.000 naskah terbit ditahun 2045. Mungkin kamu bisa menjadi salah satu penulis untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Reneturos merupakan penerbit yang berpengalaman yang telah menerbitkan buku-buku menarik, mulai dari fiksi, sejarah, hingga buku pendidikan. 

Reneturos memiliki beberapa lini penerbitan sesuai dengan genre bukunya, seperti Turos Pustaka (Khazanah Pustaka Islam), Renebook (The House of Enlightenment and Eternity), Milestone (More Than Publisher), Rene Islam (menerbitkan ragam karya keislaman), Wali Pustaka (menerbitkan terjemahan karya para ulama Nusantara), Reneluv (aneka buku pengembangan diri dan hiburan).

5. Nashmedia

Rekomendasi penerbit buku yang terakhir adalah Nashmedia. 

Nashmedia merupakan perusahaan penerbit buku yang berlokasi di Yogyakarta dan Makassar. 

Nashmedia menawarkan paket penerbitan cepat yang terbit mulai dari 14 hari, 21 hari, hingga paling lama terbit dalam waktu 30 hari.

Selain penerbitan buku, Nashmedia juga melayani jasa cetak buku dengan harga yang masih bersaing dengan percetakan lainnya.


Jadi itulah beberapa rekomendasi penerbit dari saya, dari kelima penerbit tersebut, mana yang sudah kalian tahu dan mungkin berminat ingin bekerja sama dengan mereka?


Disclaimer:

Informasi di atas hanya sekedar informasi, sebaiknya kenali dulu kebutuhan penerbitan kalian, dan konsultasikan langsung kepada penerbit dan tentukan mana yang cocok untuk kalian. Jika terdapat penerbit lain (selain 5 di atas) yang lebih cocok denganmu silahkan pilih penerbit tersebut.

Tetap berhati-hati dan jaga kesehatan. Terima kasih.

Saiful Afrirudin
Diposting oleh Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua.
#Opini #Penerbitan Buku #Rekomendasi Penerbit Buku
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas Terbaru dulu